PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN PELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN TEMAS 02 BATU

Main Author: WIJAYANTI, HANA TITIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35593/1/jiptummpp-gdl-hanatitisw-49801-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35593/2/jiptummpp-gdl-hanatitisw-49801-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35593/3/jiptummpp-gdl-hanatitisw-49801-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35593/4/jiptummpp-gdl-hanatitisw-49801-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35593/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap siswa SDN Temas 02 Batu diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar pembelajaran tematik siswa jauh di bawah KKM yang sudah ditentukan sekolah. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan scientific yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik Subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan Pelajaran 1, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III dengan menggunakan pendekatan scientific. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data, dipilih siswa kelas III SDN Temas 02 Batu tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa. Data dan sumber data dalam penelitian ini yaitu, 1) penerapan pendekatan scientific diperoleh dari pengamatan proses pembelajaran siswa yang berupa catatan lapang, 2) aktivitas siswa diperoleh dari hasil pengamatan pada saat kegiatan berlangsung yang berupa lembar observasi yang berisi aktivitas scientif, 3) hasil belajar siswa diperoleh dengan cara memberikan penilaian baik secara individu maupun kelompok kepada siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung melalui lembar evaluasi siswa. Penelitian menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, observasi, dokumen, dan tes. Analisis data kualitatif dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua tahap yaitu, sikus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pendekatan scientific dapat diterapkan pada pembelajaran tematik, 2) pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan scientific, aktivitas siswa menjadi meningkat dari 54,72% menjadi 70,37%, 3) pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan scientific hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yaitu dari 56% menjadi 81%.