Daftar Isi:
  • Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada umumnya yang terdapat di sekolah-sekolah berupa ringkasan materi dan latihan soal saja. Sama halnya dengan yang terdapat di SD Muhammadiyah 04 Dau LKS berisikan ringkasan materi dan latihan soal saja belum di kontekstualkan. Pada kelas V SD Muhammadiyah 04 Dau siswa mengalami kesulitan pada materi subtema Tubuh Manusia, sehingga peneliti memilih untuk mengembangkan LKS pada subtema tubuh manusia berbasis kontekstual agar pengetahuan yang didapat mampu dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis kontekstual yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan modifikasi model 4-D menjadi 3-D . Subjek uji coba validitas yaitu validator ahli materi dan ahli LKS, sedangkan subjek implementasi LKS yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah 04 Batu sejumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2017. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, lembar validasi, lembar angket respon guru dan siswa, dan tes tulis. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dianalisis diperoleh hasil validasi dari validator ahli materi sebesar 75.73% yang mana masuk kedalam kategori valid dan dari vaidator ahli LKS mendapatkan hasil sebesar 82.6% yang masuk kedalam kategori sangat valid. Tes belajar siswa untuk mengetahui keefektifan menggunakan pre-test dan post test. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh kenaikan rata-rata nilai dari pre-test dan post-test, serta jumlah siswa yang tuntas atau di atas KKM meningkat. Sehingga berdasarkan hasil tersebut LKS dapat dikatakan efektif. LKS yang telah diimplemtasikan di kelas mendapatkan hasil angket respon siswa sebesar 86,05% masuk kedalam kategori sangat praktis dan hasil angket respon guru diperoleh 75,38% yang masuk ke dalam kategori praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis.