ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH 4 MALANG
Main Author: | RAHMAWATI, MAULIDA ANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35576/1/jiptummpp-gdl-maulidaani-47447-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35576/2/jiptummpp-gdl-maulidaani-47447-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35576/3/jiptummpp-gdl-maulidaani-47447-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35576/4/jiptummpp-gdl-maulidaani-47447-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35576/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter adalah proses pembelajaran yang mengandung nilai-nilai karakter untuk membentuk siswa memiliki tingkah laku yang baik. Kegiatan pembiasaan melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Malang merupakan salah satu kebijakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai-nilai karakter yang apa yang ditanamkan melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Malang, (2) implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Malang, dan (3) hambatan dan solusi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Sebagai sumber data, kepala sekolah, guru kelas I, guru kelas VI, guru kelas VI di SD Muhammadiyah 4 Malang. Penelitian ini dilakukan pada semester II (genap) tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data mengenai implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat 5 nilai karakter utama yang ditanamkan melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 4 Malang yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. (2) Implementasi pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 4 Malang melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan dan ketaladanan yang dilakukan seluruh warga sekolah. (3) Hambatan yang ditemui berasal dari faktor siswa yang masih kurang peduli dan bertanggung jawab terhadap peraturan yang ada di sekolah, faktor keluarga yang memiliki polah asuh berbeda-beda dan faktor lingkungan masyarakat yang tidak semua masyarakat atau teman di sekitar memberikan dampak yang baik terhadap siswa.