ANALISIS IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI UPAYAPEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 4 KOTA MALANG
Main Author: | WULANDARI, ENDAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35573/1/jiptummpp-gdl-endahwulan-47450-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35573/2/jiptummpp-gdl-endahwulan-47450-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/35573/3/jiptummpp-gdl-endahwulan-47450-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/35573/4/jiptummpp-gdl-endahwulan-47450-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/35573/ |
Daftar Isi:
- Karakter sangat penting bagi siswa. Pada kenyataannya karakter siswa tidak terbentuk dengan sendirinya, akan tetapi harus melalui proses kehidupan yang panjang. Maka pembentukan karakter siswa harus dilakukan dengan kontinu dari diadakannya pemeliharaan sehingga menjadi matang dan tidak mungkin berubah lagi. Salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas adalah melalui sekolah yang berbasis agama dan menerapkan sistem full day school agar pembentukan karakter secara kontinu tersebut dapat mencapai hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang, (2) kendala implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang, dan (3) solusi atas kendala implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sebagai sumber data atau informan dipilih kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas II-B dan V-B SD Muhammadiyah 4 Malang. Pada tahap pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tahap pengumpulan data dan tahap penyelesaian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017, tahun akademik 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pelaksanaan full day school di SD Muhammdiyah 4 Malang dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran sehari penuh mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB, pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang dilaksanakan melalui budaya sekolah yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan dan menggunakan metode pembentukan karakter. Pembentukan karakter siswa juga dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler. (2) kendala dalam penerapan full day school dalam pembentukan karakter siswa yaitu kesadaran siswa, kurangnya dukungan dan apresiasi dari beberapa orang tua atau wali murid, dan sarana prasarana yang belum terpenuhi. (3) Solusi dalam mengatasi kendala implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Malang yaitu melakukan pembinaan kepada semua warga sekolah, menjalin hubungan dan kerjasama dengan wali murid yaitu dengan membentuk paguyupan GPS (Gerakan Peduli Sekolah), memaksimalkan pendanaan, fasilitas dan sarana prasarana sekolah.