PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SDN PURWANTORO 2 MALANG
Main Author: | GHONIATI, NAYIF NUÂ’MA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35558/1/jiptummpp-gdl-nayifnumag-48118-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35558/2/jiptummpp-gdl-nayifnumag-48118-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/35558/3/jiptummpp-gdl-nayifnumag-48118-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/35558/4/jiptummpp-gdl-nayifnumag-48118-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/35558/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali oleh hasil observasi di SDN Purwantoro 2 Malang yang menunjukkan bahwa hasil pembelajaran tergolong rendah di bawah KKM. Padahal sudah menerapkan pembelajaran tematik, dan tanya jawab, penugasan dan diskusi. Menyikapi hasil studi pendahulu, peneliti ingin melihat pegaruh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan problem solving terhadap hasil belajar tematik kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang. Penelitian ini menggunakan Pre-experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling purposive. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik dengan taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan dari uji perbedaan dua rata-rata yang diperoleh dari uji paired sample T-test Ha diterima signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat terdapat pengaruh yang nyata model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan problem solving terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari perbedaan ratarata nilai pretest sebesar 59,32 dan rata-rata nilai posttest sebesar 80,81 dan memiliki perbedaan peningkatan sebesar 21,49,sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe think pair share dengan problem solving terhadap hasil belajar tematik kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang.