ANALISIS IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 4 MALANG
Main Author: | CAHAYATI, NOVI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35556/1/jiptummpp-gdl-novicahaya-48120-1-halaman-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35556/2/jiptummpp-gdl-novicahaya-48120-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35556/3/jiptummpp-gdl-novicahaya-48120-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35556/4/jiptummpp-gdl-novicahaya-48120-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35556/ |
Daftar Isi:
- Team teaching adalah metode mengajar yang dilakukan oleh dua orang guru atau lebih yang saling bekerjasama dan berkolaborasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran tematik, guru dituntut untuk dapat melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dengan maksimal. Oleh karena itu, SD Muhammadiyah 4 Malang menerapkan metode team teaching dalam pembelajaran tematik agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tahapan metode team teaching dalam pembelajaran tematik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Malang, (2) Persepsi guru mengenai metode team teaching dalam meningkatkan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Malang, dan (3) Faktor pendukung dan penghambat metode team teaching dalam pembelajaran tematik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data atau informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas dan guru pendamping di kelas IV A, B, dan C. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap evaluasi dan pelaporan. Sedangkan langkah dalam analisis data yaitu memfokuskan data, menganalisis data, dan menuliskan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Tahapan metode team teaching dalam pembelajaran tematik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Malang meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) Menurut persepsi guru di kelas IV A, B, dan C bahwa implementasi metode team teaching dalam pembelajaran tematik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Malang dapat meningkatkan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. (3) Ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat metode team teaching dalam pembelajaran tematik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Malang. Hasil penelitian ini, guru kelas dan guru pendamping disarankan untuk saling bekerja sama dan berkolaborasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jika salah satu guru tidak hadir, maka proses pembelajaran seharusnya tetap dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan. Selain itu, guru kelas dan guru pendamping harus dapat mengatur waktu dengan baik jika akan melakukan pertemuan agar penerapan metode team teaching dalam pembelajaran tematik dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang diharapkan.