ANALISIS KEGIATAN “FULL DAY SCHOOL” DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS, JUJUR DAN TANGGUNGJAWAB PADA SISWA KELAS IV DI SDN BLIMBING 03 MALANG

Main Author: HIDAYATI, NURUL FADILAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35554/1/jiptummpp-gdl-nurulfadil-48122-1-1pendah-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35554/2/jiptummpp-gdl-nurulfadil-48122-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35554/3/jiptummpp-gdl-nurulfadil-48122-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35554/4/jiptummpp-gdl-nurulfadil-48122-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35554/
Daftar Isi:
  • SDN Blimbing 3 Malang termasuk dalam sekolah role model yang juga menggunakan Full Day School. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu (1) Bagaimana peroses kegiatan pembelajaran Full Day School di SDN Blimbing 3 Malang, (2) Bagaimana bentuk karakter yang muncul pada pembelajaran sistem Full Day School; dan (3) Bagaimana peran guru dalam pelaksanaan Full Day School dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN Blimbing 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan : (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi Data, (3) Paparan Data, (4) Kesimpulan; dan (5)Validasi Data. Selain itu dalam pengecekan keabsahan data menggunakan TriangulasiMetode.penelitian ini dilakukan pada tanggal 27-30 maret 2017 dengan obyek penelitiannyaadalah peserta didik kelas IV SDN Blimbing 3 Malang sebanyak 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan Full Day School di SDN Blimbing 3 Malang sudah sangat baik. Dengan adanya fasilitas pendukung dan inisiatif sekolah berhasil menarik minat siswa untuk tinggal di sekolah lebih lama dalam kegiatan Full Day School. (2)Karakter yang muncul sesuai data yang diperoleh peneliti adalah Religius, jujur, tanggungjawab; dan (3) Peran guru sangatlah penting sebagai sosok yang dicontoh sebagai role modelkarena setiap perkataan dan tingakan guru akan ditiru oleh peserta didik. Oleh karena itukomunikasi antara guru dan peserta didik haruslah terbentuk secara baik.