PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN JABON 2 JOMBANG
Main Author: | DIYAH, AGNES RULLY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35551/1/jiptummpp-gdl-agnesrully-48145-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35551/2/jiptummpp-gdl-agnesrully-48145-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35551/3/jiptummpp-gdl-agnesrully-48145-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35551/4/jiptummpp-gdl-agnesrully-48145-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35551/ |
Daftar Isi:
- Pada kenyataannya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Jabon 2 Jombang masih cukup rendah, sehingga perlu adanya peningkatan melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Jabon 2 Jombang; 2) peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Jabon 2 Jombang melalui model mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jabon 2 Jombang dan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan 2 siklus, dengan 2 kali pertemuan setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan perangkat pembelajaran, tahap tindakan dimulai dengan pra pembelajaran hingga kegiatan akhir pembelajaran, tahap pengamatan dilakukan pengamatan untuk keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa, dan yang terakhir adalah tahap refleksi yang dilakukan untuk mengetahui kekurangan pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I hari pertama dan kedua memperoleh skor 10 dan 15, pada siklus II hari pertama dan kedua memperoleh skor 17 dan 19. Aktivitas siswa pada siklus I hari pertama dan kedua memperoleh skor 12 dan 15, pada siklus II hari pertama dan kedua memperoleh skor 18 dan 19. Hasil ketuntasan belajar klasikal pada siklus I hari pertama dan kedua sebesar 38% dan 47,6% dengan nilai rata-rata pada hari pertama dan kedua Psebesar 55 dan 60. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar klasikal pada hari pertama dan kedua sebesar 90,4% dan 95,2 dengan nilai rata-rata pada hari peratama dan kedua sebesar 75 dan 80. Peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Jabon 2 Jombang.