Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena masih cukup rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan terutama dalam mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di SDN Tegalgondo Malang, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui metode-metode yang kreatif, metode tersebut dengan penggunaan model Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas IV SDN Tegalgondo Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru dan observasi langsung proses pembelajaran di kelas, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pembelajaran tersebut anak lebih aktif berpartisipasi, kerjasama antar kelompok dan berpikir kritis dalam mengikuti pembelajaran. Adapun prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 65% dengan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75%, dan pada siklus II Prosentase ketuntasan klasikal mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pegetahuan Sosial dan penelitian ini disarankan sebagai acuan dalam mengembangkan metode-metode yang lebih kreatif lagi dalam pembelajaran berikutnya.