Daftar Isi:
  • Perpustakaan sekolah berperan sangat penting untuk menumbuhkan minat baca siswa. Di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang, terdapat perpustakaan sekolah dan difungsikan dengan baik sehingga untuk menumbuhkan minat baca siswa sangat mudah dilakukan. Keberadaan perpustakaan sekolah yang difungsikan dengan baik menjadikan miinat baca siswa yang ada di SD Muhammadiyah Dau tergolong sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan perpustaakaan dalam meningkatkan minat baca siswa, dan (3) solusi untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan minat baca di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih yaitu kepala sekolah, petugas perpustakaan, guru dan siswa kelas I sampai kelas V yang berjumlah 308 siswa SD Muhammadiyah 08 Dau tahun ajaran 2016/2017 sebagai responden. Penelitian ini dilakukan pada 06-28 Februari 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca yaitu terdapat program gemar membaca dan kunjungan ke perpustakaan sekolah secara kelompok perkelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan berasal dari dalam diri siswa dan lingkungan sekitar. Siswa yang kurang mampu dalam membaca menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan minat baca. Kendala dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, buku-buku yang kurang diperbarui dan waktu yang digunakan dalam program gemar membaca kurang. Hasil penelitian ini, dalam penggunaan perpustakaan sekolah disarankan untuk memperbaiki sarana dan prasarana perpustakaan sekolah dan waktu yang digunakan dalam program gemar membaca sebaiknya ditambahkan.