PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR TURBO BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Author: | WAHYUNI, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35503/1/jiptummpp-gdl-sriwahyuni-47261-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35503/2/jiptummpp-gdl-sriwahyuni-47261-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35503/3/jiptummpp-gdl-sriwahyuni-47261-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35503/4/jiptummpp-gdl-sriwahyuni-47261-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35503/ |
Daftar Isi:
- Lempar turbo adalah salah satu olahraga yang terdapat pada kurikulum Sekolah Dasar (SD). Pada kenyataannya bahwa model pembelajaran lempar turbo di SDN Lowokwaru 3 Malang sudah diterapkan namun kurang maksimal. Proses belajar mengajar kurang menarik, terkesan membosankan dan banyak siswa yang kurang memperhatikan penjelasan dari pendidik. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan model pembelajaran gerak dasar lempar turbo. Berpijak pada permasalahan yang telah dijelaskan tersebut di atas, tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar lempar turbo berbasis permainan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Disamping itu, tujuan penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa buku panduan guru model pembelajaran gerak dasar lempar turbo berbasis permainan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan menggunakan model dari Borg and Gall (1983:775) yang disederhanakan menjadi 7 langkah, langkah-langkah tersebut adalah: (1) Melakukan Analisis produk yang akan dikembangkan (2) Mengembangkan produk awal (3) Evaluasi ahli (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi produk awal (6) Uji coba kelompok besar (7) Revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran gerak dasar lempar turbo berbasis permainan untuk siswa kelas V sekolah dasar layak dan bisa digunakan oleh siswa serta pendidik sekolah dasar. Dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan hasil 80,43% yang menyatakan bahwa produk mudah dipahami, dan produk sangat menarik dan hasil uji coba kelompok besar didapatkan hasil 93,85% menyatakan bahwa produk sangat jelas, mudah dipahami, sangat menarik, dan sangat bermanfaat. Hasil penelitian dan pengembangan ini, buku panduan guru berupa model pembelajaran gerak dasar lempar turbo berbasis permainan yang dilengkapi dengan gambar dan petunjuk pelaksanaan permainan. Disarankan untuk dipergunakan sebagai acuan pendidik dalam pembelajaran materi lempar turbo dan untuk melatih keterampilan motorik siswa.