ANALISIS TEKNIK KONSELING DALAM MENGUBAH PERILAKU ANAK NAKAL PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA SISWA KELAS 2 SDN DINOYO 3 MALANG
Main Author: | ARWAN, DITA MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35494/1/jiptummpp-gdl-ditamuhamm-47272-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35494/2/jiptummpp-gdl-ditamuhamm-47272-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35494/3/jiptummpp-gdl-ditamuhamm-47272-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35494/4/jiptummpp-gdl-ditamuhamm-47272-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35494/ |
Daftar Isi:
- Guru adalah orang yang memiliki kemampuan yang merancang program pembelajaran, serta mampu menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan. Pada saat ini guru memiliki tugas dan peran yang sangat berat karena pada era globalisasi banyak tantangan yang harus dihadapi dan disikapi dengan profesional. Peran guru tidak hanya membimbing dan mendidik peserta didik tetapi dapat memberikan pendidikan karakter untuk menjadikan peserta didik menjadi pribadi yang baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan teknik konseling di SDN Dinoyo 3 Malang, (2) kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan teknik konseling di SDN Dinoyo 3 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pelaksanaan teknik konseling di SDN Dinoyo 3 Malang sudah dilaksanakan, (2) teknik-teknik konseling yang digunakan guru yakni perilaku attending, refleksi perasaan, menangkap pesan utama, dan teknik bertanya (3) kendala yang dihadapi guru dalam penerapannya yakni siswa seringkali anti terhadap guru.