ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 SDN TAWANGARGO 1 KARANGPLOSO
Main Author: | WULAN, KARTIKA NAWANG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35493/1/jiptummpp-gdl-kartikanaw-47273-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35493/2/jiptummpp-gdl-kartikanaw-47273-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35493/3/jiptummpp-gdl-kartikanaw-47273-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35493/4/jiptummpp-gdl-kartikanaw-47273-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35493/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan perubahan Standar Proses pada kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 untuk SD dengan tematik terpadu dan pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013 ditekankan pada pelaksanaan pendekatan saintifik (scientific approach). Tematik terpadu merupakan pengintegrasian beberapa mata pelajaran menjadi satu mata pelajaran sehingga tidak tampak adanya keterpisahan antara mata pelajaran satu dengan yang lain disesuaikan dengan tema dan sub tema. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan Pendekatan saintifik dalam Pembelajaran Tematik Kelas V tema 1 Subtema 1 SDN Tawangargo 1 Karangploso (2) Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran tematik (3) Bagaimana solusi atau upaya dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V tema 1 subtema 1 SDN Tawangargo 1 Karangploso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui hasil observasi tentang pelaksanaan pendekatan saintifik selama pembelajaran tematik terpadu berlangsung dan juga hasil wawancara diperoleh dari subjek penelitian yaitu guru kelas V di SDN Tawangargo 1 Karangploso. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui hasil dokumentasi dan data yang bersifat umum lainnya. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas V tema 1 subtema 1 SDN Tawangargo 1 Karangploso dilaksanakan kurang sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru. Hambatan yang dialami guru adalah kesulitan dalam mengembangkan langkah langkah pembelajaran. Dan solusi untuk mengatasi hambatan adalah guru berusa memberikan variasi dalam pemblajarn walaupun blm menemukan solusi yang tepat.