STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR (Studi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur)
Main Author: | Giffari, Nur Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35423/1/jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35423/2/jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35423/3/jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35423/4/jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35423/ |
Daftar Isi:
- Pada setiap kegiatan promosi pariwisata, komunikasi pemasaran memegang peranan penting dalam hal pemilihan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Dari penerapan strategi tersebut, diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan domestik maupun luar negeri datang berwisata ke Kabupaten Lombok Timur. Pariwisata di Kabupaten Lombok Timur berperan sebagai salah satu sektor yang penting, karena dapat menjadi pemasukan bagi daerah tersebut. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur sebagai instansi yang mempunyai tugas dan wewenang serta bertanggung jawab terhadap pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Lombok Timur, diperlukan rencana yang strategis sebagai langkah mengembangkan potensi pariwisata di Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan dasar penelitian yaitu naturalistik. Terdapat 7 orang yang menjadi subjek penelitian, dengan penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Interaktif dari Miles dan Huberman (reduksi, penyajian data, dan kesimpulan) dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapat yaitu strategi komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur untuk mempromosikan pariwisata yaitu dengan melakukan kerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, melakukan kerjasama dengan pihak swasta yaitu para travel agent yang menjual paket-paket wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur juga melakukan pendekatan dengan masyarakat dengan membentuk kelompok sadar wisata, mengikuti event-event pariwisata di berbagai daerah, dan melakukan promosi melalui media elektronik seperti website dan media cetak seperti brosur.