Aktivitas Community dan Customer Relations dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan (Studi pada Karyawan CV Milkindo Berka Abadi)
Main Author: | Handayani, Wanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35404/1/jiptummpp-gdl-wandahanda-49897-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35404/2/jiptummpp-gdl-wandahanda-49897-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35404/3/jiptummpp-gdl-wandahanda-49897-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35404/4/jiptummpp-gdl-wandahanda-49897-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35404/ |
Daftar Isi:
- Suatu perusahaan harus menjalin hubungan baik dengan komunitas (masyarakat sekitar yang bekerja di perusahaan) dan customer karena mereka dapat mempengaruhi siklus hidup dan reputasi perusahaan. Seorang Public Relations bertanggung jawab dalam segala aktivitas community dan customer relations yang dilakukan oleh perusahaan. CV Milkindo Berka Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang peternakan dan mengembangkannya menjadi wisata edukasi sapi perah yang berada di Desa Tegalsari. Adanya perusahaan di suatu wilayah dapat memberikan dampak positif atau negatif kepada masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan. Apabila hubungan antara perusahaan dengan komunitas dan customer terjalin dengan baik, maka dapat meningkatkan dan mempertahankan reputasi positif perusahaan. Oleh sebab itu, penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana aktivitas community dan customer relations CV Milkindo Berka Abadi dalam upaya mempertahankan reputasi positif perusahaan. Peneliti menggunakan beberapa konsep teori dari buku Frazier Moore tentang community relations dan buku Rosady Ruslan tentang customer relations. Teori tentang public relations yang dipakai oleh peneliti dari buku H.R Danan Djaja tentang tujuan-tujuan yang akan diraih oleh seorang public relations dan teori dari Weber Shandwick dan Reputations Institute tentang elemen-elemen yang membangun reputasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, tipe penelitian deskriptif dan dasar penelitian survey sampel. Penelitian ini dilakukan di CV Milkindo Berka Abadi yang berada di Jalan Kolonel Kusno No.77 Rt:04 Rw: 03 didesa Tegalsari, Kepanjen, Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara (subyek dan informan penelitian) dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa aktivitas community dan customer relations CV Milkindo Berka Abadi belum dilakukan secara maksimal dan terdapat hambatan dalam melaksanakan aktivitas tersebut. CV Milkindo Berka Abadi mempunyai reputasi positif dimata masyarakat karena tanggung jawab perusahaan kepada publiknya, komunikasi perusahaan dengan publik terjalin dengan baik, barang dan jasa berkualitas baik, karyawan yang mempunyai ahli dalam bidangnya, dan masyarakat sekitar perusahaan yang mendukung segala aktivitas positif perusahaan.