Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : 1) penerapanpembagiankelasberbasisprestasiakademikdalammembentuperilakkusosialsiswa di SMA Negeri 4 Malang 2) Dampak pembagian kelas berbasis prestasi akademik dalam membentuk perilaku sosial siswa di SMAN 4 Malang, 3) Solusi dari permasalahan pembagian kelas berbasis prestasi akademik dalam membentuk perilaku sosial siswa di SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 4 Malang penelitian dilakukan selama 3 minggu.instrumen penelitian sesuai dengan pendekatan pendekatan yang digunakan, maka intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sendiri. Data dan sumber data penelitian diperoleh secara langsung yaitu dengan melakukan wawancara langsung kepada subjek penelitian sebagai dasar pembahasan. Teknik analisis data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data meliputi: pengumpulan data, mereduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Kemudian yang terakhir yaitu teknik keabsahan data meliputi : kredibilitas, transferabilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penlitian menjelaskan bahwa: 1) penerapan pembagian kelas berbasis prestasi akademik dalam membentuk perilaku sosial siswa di SMA Negeri 4 Malang 2) Dampak pembagian kelas berbasis prestasi akademik dalam membentuk perilaku sosial siswa di SMAN 4 Malang yaitu antara siswa dan orang tua memiliki perbedaan keinginan pada penempatan kelas dan individualya siswa, 3) Solusi yang dapat dilakukan dalam menghadapi permasalahan pembagian kelas yaitu siswa dan orang tua diberikan angket untuk diisi dan menentukan penempatan kelasnya.