ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) (STUDI DI SMP NEGERI 10 KOTA PASURUAN)
Main Author: | WULANDARI, WIWIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35371/1/jiptummpp-gdl-wiwinwulan-49017-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35371/2/jiptummpp-gdl-wiwinwulan-49017-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35371/3/jiptummpp-gdl-wiwinwulan-49017-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35371/4/jiptummpp-gdl-wiwinwulan-49017-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35371/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk siswa sebagai warga Negara yang mempunyai karakter. Keterkaitan pendidikan kewarganegaraan terhadap pengembangan karakter yang menyatakan pendidikan kewarganegaraan memiliki dimensi - dimensi yang tidak bisa dilepaskan dari aspek pembentukan karakter dan moralitas publik.). Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 10 Kota Pasuruan, membahas mengenai (1) analisis pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), (3) solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini menggunakan pendekakatan penelitian kualitatif.Dimana peneliti terjun langsung untuk menggali informasi terkait dengan judul dari penelitian.Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.adapun informan yang di gali informasinya adalah Kepala Sekolah . waka kurikulum, waka kesiswaan, guru Pendidikan Kewarganegaraan, dan siswa - siswi SMPN 10 Kota Pasuruan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 10 Kota Pasuruan memuat tentang Pendidikan Karakter dan mengembangkan nilai - nilai karakter yang ada dalam Ideologi Pancasila, Strategi guru Pendidikan Kewarganegaraan SMPN 10 Kota Pasuruan adalah ketauladanan, pembiasaan dengan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun). Evaluasi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 10 Kota Pasuruan yaitu dengan penilaian budi pekerti (tata krama) dan tidak ada evaluasi tulis. Nilai - nilai pendidikan karakter yang ada di Pendidikan Kewarganegaraan dikembangkan juga pada semua mata pelajaran dan juga dalam kegiatan extrakulikuler sekolah seperti kegiatan extrakulikuler pramuka di SMPN 10 Kota Pasuruan yang di dalamnya menyisipkan pendidikan karakter seperti peduli terhadap sesama, nasionalis.Hanya saja dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa faktor penghambat, seperti masih ada beberapa siswa yang melakukan kenakalan di sekolah, guru maupun murid masih banyak yang melakukan pelanggaran. Solusi yang dilakukan sekolah yaitu Ketauladanan, Pembiasaan (5S), adanya kesadaran dalam diri, peran orang tua.