ANALISIS KESALAHAN KONSEP PADA BUKU TEKS BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI KOTA MALANG
Main Author: | ARDIYANSYAH W.P, MAULIDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35370/1/jiptummpp-gdl-maulidinar-48839-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35370/2/jiptummpp-gdl-maulidinar-48839-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35370/3/jiptummpp-gdl-maulidinar-48839-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35370/4/jiptummpp-gdl-maulidinar-48839-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35370/ |
Daftar Isi:
- Buku teks adalah sumber pembelajaran utama untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti dan dinyatakan layak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan pada satuan pendidikan. Perannya dalam mencapai komepetensi dasar dan kompetensi inti buku teks tidak lepas dari kesalahan, terutama kesalahan konsep. Kesalahan konsep sendiri adalah ketidaksesuaian konsep pada buku teks dengan pengertian ilmiah atau yang diterima oleh pakar. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui kesalahan kosep yang terdapat pada buku teks biologi yang banyak digunakanan SMA Negri Kelas X di Kota Malang. (2) Untuk mengetahui gambaran kesalahan konsep yang terdapat pada buku teks biologi yang banyak digunakanan SMA Negeri Kelas X di Kota Malang. (3) Untuk mengetahui kategori kesalahan konsep yang terjadi pada buku teks Biologi SMA Kelas X di Kota Malang. (4) Untuk mengetahui persentase kesalahan konsep yang terjadi pada masing-masing kategori pada buku teks Biologi SMA Kelas X di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis konten. Analisis konten ini merupakan penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua buku teks yang berbasis pada kurikulum 2013 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Identifikasi kesalahan konsep dibagi menjadi 5 kategori yaitu misidentification, overgeneralization, oversimplification, obsolete concept, dan undergeneralization. Hasil penelitian terhadap dua buku teks biologi SMA kelas X yang berbasis pada kurikulum 2013 pada buku teks “A” ditemukan 6 konsep salah yaitu overgeneralization 1 konsep salah (16,67%), oversimplification 1 konsep salah (16,67%), obsolote concept 1 konsep salah (16,67%), dan undergeneralization 3 konsep salah (50%). Buku teks “B” ditemuakan 5 konsep salah yaitu misidentification 3 konsep salah (60%) dan undergeneralization 2 konsep salah (40%).Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya dalam proses pembelajaran tidak hanya menggunakan satu buku acuan saja untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan konsep yang dapat terjadi pada siswa.