Daftar Isi:
  • Pro kontra tentang posisi infotainment dalam dunia jurnalistik memang semakin lama semakin tidak menentu keadaanya, peneliti mengamatai bahwa, apabila infotainment ini bukan rana jurnalistik bagaimana bisa media massa kebanyakan memberikan kolom khusus infotainment dalam setiap portal pemberitaanya. Salah satu media online yang memberikan kolom khusus tentang infotainment adalah Jawa Pos Nasional Network atau JPNN.com, dalam penelitian ini rumusan masalah adalah berapa besar frekuensi kemunculan unsur layak berita pada produk jurnalistik rubrik infotainment di media JPNN.com edisi Desember 2015 ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi. Melalui metode penelitian analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif di mana data yang diperoleh berasal dari mengamati unsur layak berita dalam kolom infotaiment JPNN dan kemudian di analisis sesuai kategorisasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Holsty. Setelah melakukan pengkodingan dari total 30 item berita pada rubrik infotainment JPNN edisi 25-30 Desember 2015, hasil yang didapatkan dihitung menggunakan rumus Holsti dan Scott, hasil perhitungan menunjukkan reliable, karena data yang diperoleh antara peneliti dan koder pertama 0.90 dan peneliti dengan koder kedua 0.93. Hasil ini telah melebihi batas kesepakatan minimum yakni 0.75.Frekuensi kemunculan unsur layak berita secara komplit terdapat Sembilan belas (19) item berita yang berhubungan dengan lima indicator dari unsur layak berita atau jika diprosentasekan berjumlah 63%. Kemudian pada kategorisasi kedua yakni unsur layak berita tidak komplit berjumlah 11 item berita atau 37%, dari hasil pengkodingan yang dilakukan peneliti diatas bisa diartikan bahwa unsur layak berita secara komplit mendominasi pemberitaan di rubrik infotainment JPNN edisi 25-30 Desember 2015.