CARA PENYAMPAIAN PESAN EDUKASI UNTUK ORANG TUA DALAM PROGRAM ACARA TELEVISI (Analisis Isi pada Talkshow Basa Basi TRANS TV, Episode - Mendidik Anak Dengan Cerdas Bukan Keras)

Main Author: Refani, Maya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35191/1/jiptummpp-gdl-mayarefani-47904-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35191/2/jiptummpp-gdl-mayarefani-47904-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35191/3/jiptummpp-gdl-mayarefani-47904-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35191/4/jiptummpp-gdl-mayarefani-47904-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35191/
Daftar Isi:
  • Televisi merupakan media yang berfungsi bukan hanya sebagai alat hiburan, namun juga dapat sebagai alat informasi dan edukasi. Program acara yang disajikan televisi, sangat mempengaruhi sikap penontonnya setelah atau pada waktu melihat tayangan televisi. Salah satunya adalah Program Talk Show Basa Basi, yang mana merupkan salah satu program yang menayangkan sebuah program Talk Show inspiratif untuk keluarga terutama bagi orang tua. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk peneliti mengetahui isi pesan edukasi apa saja yang muncul dan untuk mengetahui berapa besar frekuensi kemunculan isi pesan-pesan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk megukur aspek-aspek tertentu dari isi yang dilakukan khususnya pesan edukasi secara kuantitatif. Peneliti menggunakan jenis uji satuan ukur durasi perdetik dan apabila hasil telah mengandung aspek-aspek yang diinginkan maka akan di uji lanjut dengan uji reliabilitas dan uji validitas dengan menggunaka rumus Holsty dan Scott. Dalam tayangan “Basa Basi episode Mendidik Anak Dengan Cerdas Bukan Keras” di TRANS TV pesan edukasi terhadap orang tua di munculkan diantaranya : untuk Kategorisasi Pesan Edukasi Secara Kognitif sebanyak 8 kali, Kategorisasi Pesan Edukasi Secara Afektif sebanyak 16 kali, dan Kategorisasi Pesan Edukasi Secara Behavioral sebanyak 20 kali, atau jika ditotal keseluruhan kategorisasi pesan edukasi ada sebanyak 44 kali dari total 5 segmen dalam program acara ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kategorisasi pesan edukasi secara behavioral lebih banyak kemunculannya dibandingkan kemunculan kategori lainnya dalam “Basa Basi episode Mendidik Anak Dengan Cerdas Bukan Keras” TRANS TV.