MOTIF MASYARAKAT DALAM MENONTON FILM WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS! PART 1 (STUDI PADA ANGGOTA UKM KINE KLUB UMM ANGKATAN 2016)
Main Author: | WIDIASTUTI, FARIANY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35186/1/jiptummpp-gdl-farianywid-47917-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35186/2/jiptummpp-gdl-farianywid-47917-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35186/3/jiptummpp-gdl-farianywid-47917-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35186/4/jiptummpp-gdl-farianywid-47917-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35186/ |
Daftar Isi:
- Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 merupakan film Indonesia terlaris sepanjang masa berdasarkan perolehan jumlah penonton yaitu lebih dari 6,8 juta penonton. Film ini merupakan film remake dari film Warkop DKI tahun 1970-1999an. Antusiasme masyarakat dalam menonton film tersebut karena berbagai alasan, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui motif yang mendorong masyarakat untuk menonton film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 Teori yang digunakan peneliti adalah uses and gratifications yaitu pada dasarnya khalayak menggunakan media berdasarkan motif-motif tertentu, jika motif terpenuhi maka kebutuhan khalayak akan terpenuhi. Penonton film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 memilih apa yang mereka akan tonton sesuai dengan keinginan mereka. Mereka sendirilah yang bertanggung jawab dalam pilihan mereka dalam menggunakan media. Media adalah faktor yang mendukung bagaimana kebutuhan akan terpenuhi. Pada kuesioner terdapat pernyataan-pernyataan berdasarkan konsep McQuail yaitu motif diversi/hiburan, motif integrasi dan interaksi sosial, motif informasi dan motif identitas pribadi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian survey. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 59 responden. Responden yang dipilih adalah anggota UKM Kine Klub UMM angkatan 2016 dan telah menonton film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Anggota UKM Kine Klub UMM angkatan 2016 dipilih sebagai responden karena memiliki ketertarikan lebih pada film dan mempelajari berbagai jenis film secara teori dan praktek. Dari hasil penelitian, motif menonton film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang paling dominan adalah motif informasi yaitu sebesar 3,05, diikuti dengan motif identitas pribadi sebesar 2,98, kemudian motif diversi/hiburan sebesar 2,94 dan terakhir motif integrasi dan interaksi sosial sebesar 2,74. Pernyataan pada motif identitas pribadi yaitu “Menonton film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 mengapresiasi film komedi Indonesia.” mempunyai nilai rata-rata tertinggi dari 17 pernyataan karena jumlah jawaban positif terbanyak, dari 59 responden hanya 2 responden memberi jawaban tidak setuju (TS) dan sangat tidak setuju (STS).