KOMUNIKASI PERSUASI IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERIBADAH PADA ANAK (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan)

Main Author: Lestari, Elok
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35184/1/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/2/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/3/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/4/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/
ctrlnum 35184
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/35184/</relation><title>KOMUNIKASI PERSUASI IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERIBADAH PADA ANAK (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan)</title><creator>Lestari, Elok</creator><subject>HE Transportation and Communications</subject><description>Ibu merupakan orang yang paling peduli pada kondisi mental anak. Dan juga ibu merupakan orang yang paling intens membangun jiwa dan keimanan anak. Setiap keluarga dan orang tua memiliki metode tersendiri dalam mendidik anak-anak mereka. Namun orang tua sepakat bahwa dalam mendidik anak, kondisi psikologis anak tetap harus terjaga, jangan sampai secara mental anak menderita dalam mendidik dan membentuk pribadi anak. Dalam menanamkan nilai-nilai yang kadang kurang dipahami oleh anak, banyak sekali halangan dan hambatannya, Tentu saja melalui tahapan-tahapan tertentu berdasarkan umur dan tingkat pemahaman anak. Sholat dan membaca Al Quran adalah bentuk ibadah awal yang diperkenalkan orang tua pada anak.&#xD; &#xD; Berkaitan dengan penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh George A. Miller, psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha menguraikan , mengamalkan dan mengendalikan peristiwa mental dan perilaku dalam komunikasi. Menurut meneliti kesadaran dan pengalaman manusia.Komunikasi boleh ditujukan untuk memberikan informasi, menghibur, atau mempengaruhi. Komunikasi untuk tujuan yang ini lazim disebut komunikasi persuasif yang berkaitan erat dengan psikologi. Persuasif dapat didefinisikan sebagai proses mempengaruhi dan mengendalikan perilaku orang lain Jalaludin rahmat psikolokgi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari komunikasi dari aspek psikologi, serta melalui pendekatan psikologi.&#xD; &#xD; Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melakukan wawancara terhadap subyek penelitian yaitu Ibu-ibu rumah tangga di desa Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang terlebih dahulu telah ditetapkan beberapa kriteria oleh penulis.&#xD; &#xD; &#xD; Dari hasil penelitian, Peneliti menemukan bahwa subyek 1,2,3,4 sudah melakukan komunikasi persuasi dalam membiasakan anaknya untuk beribadah. Pada subyek 1,3,4 tidak menyertakan unsur paksaan, tetapi pada subyek 2 sedikit menyertakan unsur tegas dan disiplin yang bersifat wajib untuk dikerjakan terutama dalam sholat. Semua dilakukan dengan tujuan agar anak konsisten dan istiqomah dalam beribadah. Semua ibu sepakat tidak memberikan sanksi, tidak menggunakan paksaan, pembentukan perilaku beribadah itu dilakukan dengan memberikan pemahaman secara terus-menerus dan memotivasi anak serta memberikan contoh dengan mengajak dan membiasakan anak sholat berjamaah di rumah, dengan sendirinya anak akan mengikuti dan mencontohnya dengan harapan anak faham akan pentingnya beribadah di dalam agama islam.&#xD; &#xD; Kesimpulan membentuk perilaku beribadah sholat 5 waktu dan mengaji pada anak memang bukan hal yang mudah, banyak sekali ada halangan dan hambatan dalam proses mendidik anak agar konsisten dalam beribadah, akan tetapi ibu sebagai sosok yang paling dekat dengan anaknya terus berusaha dengan penuhkesabaran dan penuh kasih sayang dalam menjalankan kewajiban memberikan pendidikan agama pada anak-anaknya, hal ini sangat dianjurkan agar anak dapat melakukannya dengan senang hati tanpa harus merasa adanya unsur paksaan.</description><date>2017-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35184/1/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35184/2/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35184/3/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-3-babii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/35184/4/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-4-babiii.pdf</identifier><identifier> Lestari, Elok (2017) KOMUNIKASI PERSUASI IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERIBADAH PADA ANAK (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>35184</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lestari, Elok
title KOMUNIKASI PERSUASI IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERIBADAH PADA ANAK (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan)
publishDate 2017
topic HE Transportation and Communications
url http://eprints.umm.ac.id/35184/1/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/2/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/3/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/4/jiptummpp-gdl-eloklestar-47965-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35184/
contents Ibu merupakan orang yang paling peduli pada kondisi mental anak. Dan juga ibu merupakan orang yang paling intens membangun jiwa dan keimanan anak. Setiap keluarga dan orang tua memiliki metode tersendiri dalam mendidik anak-anak mereka. Namun orang tua sepakat bahwa dalam mendidik anak, kondisi psikologis anak tetap harus terjaga, jangan sampai secara mental anak menderita dalam mendidik dan membentuk pribadi anak. Dalam menanamkan nilai-nilai yang kadang kurang dipahami oleh anak, banyak sekali halangan dan hambatannya, Tentu saja melalui tahapan-tahapan tertentu berdasarkan umur dan tingkat pemahaman anak. Sholat dan membaca Al Quran adalah bentuk ibadah awal yang diperkenalkan orang tua pada anak. Berkaitan dengan penelitian ini, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh George A. Miller, psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha menguraikan , mengamalkan dan mengendalikan peristiwa mental dan perilaku dalam komunikasi. Menurut meneliti kesadaran dan pengalaman manusia.Komunikasi boleh ditujukan untuk memberikan informasi, menghibur, atau mempengaruhi. Komunikasi untuk tujuan yang ini lazim disebut komunikasi persuasif yang berkaitan erat dengan psikologi. Persuasif dapat didefinisikan sebagai proses mempengaruhi dan mengendalikan perilaku orang lain Jalaludin rahmat psikolokgi komunikasi adalah ilmu yang mempelajari komunikasi dari aspek psikologi, serta melalui pendekatan psikologi. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melakukan wawancara terhadap subyek penelitian yaitu Ibu-ibu rumah tangga di desa Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang terlebih dahulu telah ditetapkan beberapa kriteria oleh penulis. Dari hasil penelitian, Peneliti menemukan bahwa subyek 1,2,3,4 sudah melakukan komunikasi persuasi dalam membiasakan anaknya untuk beribadah. Pada subyek 1,3,4 tidak menyertakan unsur paksaan, tetapi pada subyek 2 sedikit menyertakan unsur tegas dan disiplin yang bersifat wajib untuk dikerjakan terutama dalam sholat. Semua dilakukan dengan tujuan agar anak konsisten dan istiqomah dalam beribadah. Semua ibu sepakat tidak memberikan sanksi, tidak menggunakan paksaan, pembentukan perilaku beribadah itu dilakukan dengan memberikan pemahaman secara terus-menerus dan memotivasi anak serta memberikan contoh dengan mengajak dan membiasakan anak sholat berjamaah di rumah, dengan sendirinya anak akan mengikuti dan mencontohnya dengan harapan anak faham akan pentingnya beribadah di dalam agama islam. Kesimpulan membentuk perilaku beribadah sholat 5 waktu dan mengaji pada anak memang bukan hal yang mudah, banyak sekali ada halangan dan hambatan dalam proses mendidik anak agar konsisten dalam beribadah, akan tetapi ibu sebagai sosok yang paling dekat dengan anaknya terus berusaha dengan penuhkesabaran dan penuh kasih sayang dalam menjalankan kewajiban memberikan pendidikan agama pada anak-anaknya, hal ini sangat dianjurkan agar anak dapat melakukannya dengan senang hati tanpa harus merasa adanya unsur paksaan.
id IOS4109.35184
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2018-01-10T02:42:26Z
last_indexed 2018-01-10T02:42:26Z
recordtype dc
_version_ 1675924406946234368
score 17.538404