Pemaknaan Komunitas Futsal Terhadap Iklan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua Versi “Salah Naik Motor” (Studi Resepsi Pada Komunitas Futsal Loyalitas FC Kepanjen)

Main Author: PRADANA, YUDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35177/1/jiptummpp-gdl-yudapradan-48608-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35177/2/jiptummpp-gdl-yudapradan-48608-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35177/3/jiptummpp-gdl-yudapradan-48608-3-bab2.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35177/4/jiptummpp-gdl-yudapradan-48608-4-bab3.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35177/
Daftar Isi:
  • Di era modern ini banyak media televisi yang memasarkan produknya dengan ide yang kreatif dan unik. Seperti hal nya iklan Aqua yang versi “Salah Naik Motor”. Iklan Aqua yang ini memang teramsuk iklan yang unik, kreatif, dan bisa menarik minat remaja untuk membeli produk Aqua. Aqua grup didirikan oleh Almarhum Tirto Utomo, warga asli Wonosobo pada Tahun 1973. Iklan tersebut menyampaikan “Kurang Minum Menurunkan Konsentrasi dan Fokus”. Begitu bahasa iklan Aqua di televisi yang tentunya semua orang setuju dengan pernyataan itu. Berdasarkan uji klinis, jika kurang cairan kerja otak jadi terganggu, bahwa 80% tubuh kita mengandung air. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti bertujuan untuk melakukan penelitian tentang Pemaknaan Komunitas Futsal Terhadap Iklan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua Versi “Salah Naik Motor”. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretative, karena dalam penelitian ini peneliti menggali maksud atau makna dan latar belakang dari tanda dan teks sebagai objek kajiannya. Dan pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan metode stuart hall yang dalam pengertian Reception Studies dalam penelitian komunikasi massa kembali pada Encoding dan Decoding. Kegiatan penerimaan pesan diawali dengan proses decoding yang merupakan kegiatan yang berlawanan dengan proses encoding. Encoding adalah proses konversi informasi dari suatu sumber (objek) menjadi data, yang selanjutnya dikirimkan ke penerima atau pengamat, seperti pada sistem pemrosesan data. Decoding adalah kegiatan untuk menerjemahkan atau mengiterprestasikan pesan-pesan fisik kedalam suatu bentuk memiliki arti bagi penerima. Dari hasil penelitian pengetahuan, pengalaman, penilaian subjek merupakan golongan dominiant hegemonic. Karena dari kelima subjek tersebut benar-benar memahami tentang apa yang dimaksud dalam iklan tersebut. Tetapi kelima subjek tersebut telah berbeda pendapat dengan iklan tersebut. Karena kelima subjek tersebut tidak pernah mengalami hal yang sama dengan iklan tersebut, atau tidak pernah kehilangan konsentrasi atau kurang fokus seperti yang ada didalam iklan. Atau termasuk dalam golongan oppositional position. Jadi dapat kelima subjek tersebut dari pengetahuan, pengalaman, penilaian termasuk golongan dominant hegemonic. Dan kelima subjek tersebut juga termasuk golongan oppositional position. Dilihat dari hasil pengamatan kelima subjek tersebut. Sesuai dengan hasil penelitian dan analisis data yang telah dibahas pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti tentang “Pemaknaan Komunitas Futsal Loyal FC Terhadap Iklan Air Minum Dalam Kemasan Aqua Versi “Salah Naik Motor” (Studi Resepsi Pada Komunitas Futsal Loyal FC Kepanjen )”. Dalam studi resepsi terdapat tiga kategori audiens atau penonton, yaitu kategori penonton dominan (dominant hegemonic position), penonton yang menegosiasi (negotiated position), ada pula yang berada sebagai kategori penonton oposisi (oppositional position).