PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND IMAGE COFFEE SHOP (Studi pada Followers Account Instagram @Dw_Coffee di Kota Malang)
Main Author: | NENSIA, SITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35173/1/jiptummpp-gdl-sitanensia-48613-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35173/2/jiptummpp-gdl-sitanensia-48613-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/35173/3/jiptummpp-gdl-sitanensia-48613-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/35173/4/jiptummpp-gdl-sitanensia-48613-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/35173/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan internet begitu pesat, terutama pada media sosial mendorong terciptanya new wave tekhnologi. Akibatnya terlihat dengan jelas pada perubahan gaya berkomunikasi, dulu semua kegiatan komunikasi berlangsung secara langsung (face to face) namun sekarang mulai beralih menjadi electronic word of mouth atau gaya komunikasi melalui perantara elektronik. Maraknya fenomena media sosial mendorong beberapa perusahaan menggunakannya sebagai media promosi dan menjalankan kegiatan marketing. Peneliti tertarik untuk menganalisis pemanfaatan electronic word of mouth di media sosial yang dilakukan oleh perusahan kecil di kota Malang yakni DW coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth di media social Instagram terhadap Brand Image dari DW coffee, dimana studi kasus dari penelitian ini adalah followers account instagram @DW_Coffee di kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory reaserch. Dalam penelitian digunakan teknik purposive sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130 responden dimana seluruhnya merupakan followers account instagram @Dw_Coffee, berdomisili di kota Malang, serta pernah berkunjung ke DW coffee. Hipotesis dalam penelitian ini apakah variabel electronic word of mouth berpengaruh secara simultan (keseluruhan), parsial (satu-persatu), dan dominan terhadap Brand Image DW coffee shop. Kemudian instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan teknik interpretasi data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth (eWOM) di media social Instagram @Dw_Coffee berpengaruh sebesar 39,4% terhadap Brand Image DW coffee shop sedangkan sisanya 60,6% merupakan pengaruh yang berasal dari faktor lain diluar variabel-variabel yang diteliti. Serta Expressing Positive Feelings merupakan variabel paling dominan mempengaruhi Brand Image DW coffee shop.