Daftar Isi:
  • Infotainment dalam perkembangannya sudah mempunyai tempat sendiri dalam media, tidak terkecuali JPNN.com dan Kompas.com, dua media online tersebut memiliki rubrik atau kolom khusus untuk menampung informasi atau pemberitaan terkait Infotainment. Masih menjadi polemiknya infotainment ini apakah sudah termasuk kedalam produk jurnalistik atau belum membuat peneliti tertarik untuk mengamati bagaimana pembingkaian yang dilakukan oleh kompas.com dan JPNN.com dalam memberikan informasi yang bersifat infotainment, melalui penelitian ini Peneliti mengharapkan menemukan unsur-usnur jurnalistik melalui analisis konten media yakni analisis Framing Salah satu kajian teori yang digunakan untuk memperkuat penelitian adalah menggunakan teori hirarki (Level Media) Pamela J. Shoemaker. terori tersebut men jelaskan bahwa terdapat lima faktor yang sangat mempengaruhi pemberitaan yang disajikan oleh media. Pertama adalah individual level yang berhubungan dengan bagaimana wartawan dalam menulis berita. Kedua adalah media routines level, dimana hal ini berhubungan dengan bagaimana kebiasaan media dapat menempatkan 5W+1H. Ketiga adalah organization level yang berhubungan dengan manajemen dan kebijakan redaksi dalam menetukan isi berita. Keempat adalah extramedia level yang berhubungan dengan pembaca, pengiklan dan apapun yang berada di luar media dapat mempengaruhi isi pemberitaan. Kelima adalah ideological level dimana pada level ini media tidak mungkin akan menyajikan berita yang sama persis karena ideologi tiap media pasti berbeda. Penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis interpretatif. Jenis penelitian interpretatif memandang penelitian ilmiah tidaklah cukup untuk dapat menjelaskan 'misteri' pengalaman manusia sehingga diperlukan unsur manusiawi yang kuat dalam penelitian. Dasar penelitian ini adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang digunakan dalam mengalisis implementasi prinsip-prinsip jurnalisme. Dari hasil penelitian tersebut dapat dibuat kesimpulan bahwa Media online kompas.com dan JPNN.com mempunyai strategi dan teknik pemberitaan yang berbeda. Kedua media online tersebut melakukan penyeleksian, penonjolan isu dan menghubungkan fakta per fakta yang berbeda untuk mengkontruksi bingkai inti melalui komponen pembingkaian (struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris) melalui meodel analisis Framing Pan dan Kosicky. Perspektif yang ditampilkan kedua media tersebut dipengaruhi oleh tingkat ideologi, pengaruh rutinitas media, pengaruh organisasional, serta pengaruh ekonomi politik media massa yang melingkupi kedua media tersebut