AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN HARRIS HOTEL BATAM CENTRE DALAM BRANDING INSTITUSI (Studi pada bagian Marketing Communication HARRIS Hotel Batam Centre)

Main Author: Nurwiyanti, Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35147/1/jiptummpp-gdl-devinurwiy-46751-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35147/2/jiptummpp-gdl-devinurwiy-46751-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35147/3/jiptummpp-gdl-devinurwiy-46751-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35147/4/jiptummpp-gdl-devinurwiy-46751-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35147/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas komunikasi pemasaran HARRIS Hotel Batam Centre dalam branding. Di Kota Batam yang merupakan daerah industri dan perdagangan, perkembangan hotel sangat meningkat pada tahun 2015 berjumlah 184 hotel di bandingkan tahun 2014 yang berjumlah 128 hotel. Untuk memenangkan persaingan, HARRIS Hotel mempunyai branding yang di gunakan sejak tahun 2014, namun pada tahun 2016 hanya 1.8% dari masyarakat di Kota Batam yang mengetahui tentang branding mereka. Hal itu menunjukkan sebuah masalah karena branding mereka kurang di kenal masyarakat. Oleh karena itu HARRIS Hotel Batam Centre melakukan berbagai cara untuk lebih mengenalkan branding mereka, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas komunikasi pemasaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan format deskriptif, dimana dalam perolehan datanya peneliti menentukan subjek penelitian yang akan diwawancarai. Lokasi penelitian ini di HARRIS Hotel Batam Centre. Teknik utama pengumpulan data adalah wawancara kemudian didukung dengan data dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang mana analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa HARRIS Hotel Batam Centre menggunakan tahapan aktivitas komunikasi pemasaran dalam branding berupa merancang pesan, memilih saluran komunikasi (media), dan menentukan bauran komunikasi pemasaran terintegrasi. Dalam merancang pesan HARRIS Hotel Batam Centre mengembangkan empat elemen perancangan pesan yaitu isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan. HARRIS Hotel Batam Centre juga menggunakan media komunikasi personal dan non-personal. Kemudian HARRIS Hotel Batam Centre menggunakan seluruh bauran komunikasi pemasaran berupa periklanan, promosi penjualan, public relations, personal selling, dan direct marketing.