STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA PANTAI KUTANG PADA WISATAWAN DOMESTIK (Studi Pada Pengelola Wisata Pantai Kutang Di Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan)
Main Author: | HANDAYANI, RIMA IKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35140/1/jiptummpp-gdl-rimaikahan-47212-1-cover.pdf http://eprints.umm.ac.id/35140/2/jiptummpp-gdl-rimaikahan-47212-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35140/3/jiptummpp-gdl-rimaikahan-47212-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35140/4/jiptummpp-gdl-rimaikahan-47212-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35140/ |
Daftar Isi:
- Pantai kutang merupakan destinasi wisata baru di Lamongan yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai bahan penelitian. Keberadaan wisata pantai kutang mulai dikenal publik pada pertengahan tahun 2015, namun di awal tahun 2016 baru resmi dibuka untuk umum. Upaya yang dilakukan pihak pengelola dan pengurus dalam meningkatkan jumlah wisatawan yakni dengan menyebarkan melalui facebook dengan membuat fanpage “Pantai Kutang Kentong Kulonan”. Kegiatan promosi lainnya dilakukan dengan komunikasi mulut ke mulut dengan penyampaian pesan bersifat bujukan. Jalinan kerjasama yang baik dengan dinas pariwisata Lamongan sebagai langkah yang ditempuh untuk mempromosikan wisata pantai kutang ke khalayak umum. Perbaikan fasilitas di pantai kutang dengan tujuan menambah jumlah wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang terdiri atas ; (1) strategi promosi wisata; (2) faktor pendukung strategi promosi; (3) hambatan yang di alami; (4) langkah yang ditempuh dalam menangani berbagai hambatan obyek wisata pantai kutang. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian utama adalah Kepala Desa Labuhan selaku penanggung jawab dan pengelola, informan pendukung yaitu para pengurus, dan wisatawan pantai kutang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi komunikasi pemasaran wisata pantai kutang pada wisatawan domestik belum optimal; (2) faktor-faktor pendukung dilakukan dengan menjalin kerjasama yang baik antara Dinas Pariwisata Lamongan, dan elemen-elemen terkait seperti para pengurus, warga sekitar khususnya pemuda desa; (3) hambatan yang ditemui adalah minimnya dana sebagai modal utama kegiatan promosi, penyebarannya hanya melalui sosial media facebook, dan kepengurusan yang tidak ahli dibidang promosi; (4) para pengurus dalam mengatasi kendala yang ada dengan menempuh beragam cara untuk mengatasinya, antara lain : selain kerjasama yang baik dengan elemen-elemen terkait, cara lainnya yaitu diberlakukannya biaya masuk ke wisata pantai kutang; (5) target promosi ditujukan kesemua kalangan khususnya remaja, dan menampung masukan yang datang dari wisatawan pantai kutang.