PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI PEMBERITAAN HOAX DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013 yang Menerima Pemberitaan Hoax Terkait Isu Corporate Nasional)

Main Author: Mahardika, Yeha Regina Citra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35119/1/jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35119/2/jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35119/3/jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35119/4/jiptummpp-gdl-yeharegina-47463-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35119/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pemberitaan hoax di media sosial yang semakin meresahkan banyak pihak karena menyebabkan penipuan, kerugian,kepanikan publik, hingga memicu konflik. Mahasiswa sebagai generasi Internet yang melek akan teknologi digital semestinya jauh lebih cerdas dalam memanfaatkan sebuah media dan menerima informasi,tak terkecuali dalam menyikapi berita hoax. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan perilaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 dalam menyikapi pemberitaan hoax di Facebook terkait isu corporate nasional yang beredar pada periode Desember 2016- Februari 2017. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Teknik penentuan subyek penelitian melalui teknik purpossive sampling. Sedangkan, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi hasil track record Facebook keduabelas subyek penelitian selama periode Desember 2016-Februari 2017. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode, yakni dengan jalan membandingkan hasil wawancara dengan dokumentasi yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 12 subyek penelitian, ada beberapa perilaku yang ditunjukkan mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam menyikapi pemberitaan hoax terkait isu corporate nasional, meliputi: 1) Membaca judulnya saja lalu mengabaikannya, 2)Membaca judul dan isinya kemudian disimpan sendiri informasinya sambil menunggu klarifikasi orang lain, 3)Meneliti isi berita kemudian mengkroscek ulang dengan berita pembanding yang didapatkan dari situs resmi atau akun media sosial lainnya, 4) setelah mengetahui itu hoax turut mengomentari temannya yang membagikan hoax, 5) turut membagikan berita klarifikasi perusahaan tersebut pada postingannya.