ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMA NEGERI 2 KOTA BATU
Main Author: | KUSUMANINGSARI, BELLA CITRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35069/1/jiptummpp-gdl-bellacitra-48330-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35069/2/jiptummpp-gdl-bellacitra-48330-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35069/3/jiptummpp-gdl-bellacitra-48330-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35069/4/jiptummpp-gdl-bellacitra-48330-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35069/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, (2) strategi guru mata pelajaran PPKn dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. (3) Upaya guru dalam mengatasi rendahnya minat belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di SMAN 2 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PPKn, dan siswa kelas XI jurusan IPA, IPS, Bahasa. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Moleong (2006:287-308) dalam prastowo (2011:36) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, teknik pengumpulan data dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa secara umum yaitu faktor dari dalam diri anak (Intrinsik) dan faktor dari luar diri anak (ekstrinsik). secara khususnya pada mata pelajaran PPKn, yaitu faktor pendidik dan cara penyampaian materi oleh pendidik yang hanya memberikan teori saja pada siswa tanpa melihat kondisi nyata yang ada disekitarnya. Strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yaitu adanya keterkaitan penguasaan kelas dengan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan merupakan 2 hal yang sangat penting. Upaya guru untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, jika minat belajar siswa kurang maka akan berhubungan dengan rendahnya hasil belajar siswa dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memberikan tugas tambahan berupa rangkuman pada siswa yang mempunyai nilai rendah dan memberikan bonus pada siswa yang mempunyai nilai tinggi.