STUDI EVALUASI PELAYANAN TERMINAL TAMANAN KEDIRI
Main Author: | HERLAMBANG, DHIMAS RIO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34927/1/jiptummpp-gdl-dhimasrioh-46707-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34927/2/jiptummpp-gdl-dhimasrioh-46707-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34927/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Pelayanan Terminal Terminal Tamanan Kota Kediri merupakan Terminal dimana transitnya bus antar propinsi. Dengan perkembangan kotanya yang pesat di segala bidang, yang salah satunya adalah perkembangan di bidang industri dan perdagangan. Faktor tersebut yang mengakibatkan semakin tingginya arus mobilitas ke kawasan itu. Tingginya arus mobilitas ini tidak terlepas dari adanya faktor pendorong dan penarik untuk menuju Kota Kediri. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi terminal sekarang (existing) dan untuk mengetahui pergerakan kendaraan saat ini. Tingkat pelayanan terminal Tamanan saat ini (existing) pada jam puncak (tingkat kedatangan λ = 2.00 bus/jam, tingkat pelayanan Âμ = 4 bus/jam, intensitas lalu lintas ρ = 0.30, jumlah rata-rata kendaraan n = 0.43 bus, waktu rata-rata d = 0.36 jam, waktu tunggu rata-rata w = 0.11 jam, panjang antrian rata-rata q = 0.13 bus, head way h = 0.83 jam. Kebutuhan ruang terminal untuk areal kedatangan, keberangkatan dan parkir bus saat ini masih mencukupi dengan luas lahan yang tersedia 27000 m2 sedangkan luasan yang dibutuhkan pada jalur keberangkatan 1204.2 m2, pada jalur kedatangan 980 m2 dan areal parkir sebesar 1204.2 m2m2. Kapasitas terminal untuk kendaraan yang semula pada tahun 2014 sebesar 5 kendaraan/jam dan 42 kendaraan perharinya, untuk 5 tahun yang akan datang pada tahun 2019 mengalami penurunan menjadi 3 kendaraan perjam dan 25 bus perhari. Terminal masih sangat mampu menampung bus dan masih layak sehingga tidak perlu memperluas lahan maupun membuat terminal baru.