PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS-6 PADA PEMBELAJARAN BARISAN DAN DERET KELAS X

Main Author: ARIF, M. LUTFI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34892/1/jiptummpp-gdl-mlutfiarif-46716-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34892/2/jiptummpp-gdl-mlutfiarif-46716-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34892/
Daftar Isi:
  • Keyword : Media pembelajaran, Matematika, barisan dan deret Matematika adalah ilmu menemukan pola dari sesuatu yang acak. Barisan dan deret aritmatika merupakan bagian dari matematik yang dalam penyelesaianya adalah menemukan pola. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ketangkasan, keterampilan dan pemahaman dilakukan dengan cara memberikan latihan. Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Professional CS-6 pada pembelajaran barisan dan deret di SMA Negeri 1 Kejayan Kab. Pasuruan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, dimana metode ini memerlukan beberapa langkah untuk menghasilkan suatu produk. Langkah-langkah strategi penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan suatu produk yang valid dan praktis adalah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) desain produk, (3) validasi desain, (4) revisi desain (5) ujicoba produk. Instrumen yang digunakan untuk validasi dan ujicoba berupa angket. Hasil analisis kevalidan validasi materi dari segi aspek penyajian rangkuman mendapat prosentase sebesar 75% dikategorikan cukup valid. Aspek soal-soal latihan, mendapat prosentase sebesar 85% berada dalam kategori valid. Aspek kemudahan dalam menggunakan media pembelajaran mendapat prosentase sebesar 100% berada pada kategori valid. Bahan penarik perhatian mendapat prosentase sebesar 90% berada dalam kategori valid. Aspek penyajian materi mendapat prosentase sebesar 90% berada pada kategori valid. Aspek soal-soal latihan mendapat prosentase sebesar 95% berada pada kategori valid. Aspek kemudahan menggunakan media pembelajaran mendapat prosentase sebesar 100% berada pada kategori valid. Hasil analisis ujicoba kelompok kecil mendapat prosentase sebesar 91% yang berarti media pembelajaran yang dikembangkan berapa pada kategori valid. Berdasarkan hasil analisis diatas, media pembelajaran dengan menggunakan metode latihan layak untuk digunakan sebagai alternatif atau variasi pada pembelajaran barisan dan deret.