ANALISIS KESALAHAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS VIII SMP AÂ’ISYIYAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR

Main Author: PRASETYA, PUJA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34891/1/jiptummpp-gdl-pujapraset-45945-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34891/2/jiptummpp-gdl-pujapraset-45945-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34891/
Daftar Isi:
  • Keyword : Kesalahan Konseptual, Kesalahan Prosedural, Faktorisasi Bentuk Aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konseptual dan prosedural siswa pada saat menyelesaikan soal faktorisasi bentuk aljabar kelas VIII-B SMP AÂ’isyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP AÂ’isyiyah Muhammadiyah 3 Malang pada tanggal 10 Desember sampai dengan tanggal 15 Desember 2015. Objek penelitian ini adalah hasil lembar jawab siswa dalam menyelesaikan soal faktorisasi bentuk aljabar dan hasil wawancara yang dilakukan siswa-siswa yang melakukan kesalahan. Subjeknya adalah seluruh siswa kelas VIII-B SMP AÂ’isyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa hasil lembar jawab siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal faktorisasi bentuk aljabar masih sangat tinggi presentasenya. Hasil analisis lembar jawab siswa menunjukkan bahwa siswa banyak mengalami kesalahan konseptual dan prosedural. Siswa masih belum sepenuhnya memahami konsep faktorisasi bentuk aljabar sehingga siswa salah dalam prosedural pengerjaannya