KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PROSES BERPIKIR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF INQUIRY BERDASARKAN TAHAPAN VAN HIELE PADA MATERI GEOMETRI SMP
Main Author: | LUFIANA, LISA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34890/1/jiptummpp-gdl-lisalufian-45947-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34890/2/jiptummpp-gdl-lisalufian-45947-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34890/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Model Pembelajaran kooperatif Inquiry, Tahapan Van Hiele, Aktivitas peserta didik dan guru, Komunikasi matematis, Proses Berpikir Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: penerapan pembelajaran, tingkat aktivitas guru dan peserta didik pada pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele, kemampuan komunikasi matematis, proses berpikir peserta didik pada pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele. Jenis penelitan ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah siswa kelas IX Mts Al-Hidayah dan guru. Data diambil melalui observasi aktivitas guru dan peserta didik, tes tulis kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele pada pembelajaran geometri terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran yang sudah direncanakan. Aktivitas guru dan peserta didik pada setiap kegiatan dikatagorikan baik. Kemampuan komunikasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele telah mencapai tingkat penguasaan baik, dengan perolehan yang tergolong tinggi pada aspek mengekpresikan ide, respresentasi konsep dan menyajikan ide. Proses berpikir peserta didik juga tergolong baik dengan dengan kemampuan mengutarankan apa yang mereka pikirkan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan relevan dan sesuai dengan materi yang dibahas. Maka dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Inquiry berdasarkan tahapan Van Hiele pada pembelajran geometri telah mencapai rata-rata dengan katagori baik untuk setiap variabel.