PERANAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) DALAM MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU

Main Author: Priarso, Pandu Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34885/1/jiptummpp-gdl-panduadipr-46140-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34885/2/jiptummpp-gdl-panduadipr-46140-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34885/
Daftar Isi:
  • Keyword : peranan pendekatan SAVI, pembelajaran kooperatif, kinerja guru Dari beberapa penelitian memilih pendekatan yang sesuai dalam proses pembelajaran merupakan hal mendasar yang dilakukan oleh seorang tenaga pengajar dalam upaya mengatasi keragaman dari cara belajar masing-masing siswanya. Hal ini dibuktikan dengan penerapan pendekatan SAVI mampu meningkatkan minat dan bakat siswa akan belajar matematika sehingga hasil belajar juga meningkat akan tetapi masih membutuhkan pengalokasian waktu yang lebih. Dengan adanya kondisi yang seperti itu memanfaatkan metode pembelajaran kooperatif terbukti selain dapat menunjang hasil belajar siswa metode ini juga mampu mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) bagaimana peranan, (2) langkah-langkah pembelajaran dan (3) kinerja guru dalam melakukan pendekatan SAVI dalam model pembelajaran kooperatif. Dengan berasumsi bahwa menerapkan pembelajaran SAVI kedalam suatu model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, psikomotor dan afektif. Maka dijelaskan bahwa model pembelajaran ini dapat dibagi menjadi 2 bagian yang saling terikat agar peranan yang dimaksut dapat terlihat. Bagian yang pertama yaitu SAVI yang terdiri dari (a) somatis, (b) auditori, (c) visual, dan (d) intelektual sedangkan bagian yang kedua yaitu pembelajaran kooperatif yang diambil dari 6 fase pembelajarannya antara lain (1) menyampaikan tujuan dan motivasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar, (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, (5) evaluasi, dan (6) memberikan penghargaan. Disamping itu dengan hasil penelitian para peneliti sebelumnya yang menyatakan bahwa dengan menerapkan pendekatan SAVI kedalam suatu model pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan kualitas mengajar guru sehingga siswa mampu belajar dengan menyerap dengan baik materi yang telah disampaikan