ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMPLB EKA MANDIRI BATU
Main Author: | JANNATI, SHARA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34884/1/jiptummpp-gdl-sharajanna-46141-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34884/2/jiptummpp-gdl-sharajanna-46141-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34884/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Proses Pembelajaran Matematika, ABK (Slow Learner), SLB Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi proses pembelajaran matematika pada ABK di SMPLB. Dilatar belakangi oleh keingin tahuan peneliti dalam proses pembelajaran anak ABK slow learner di sekolah umum dengan yang terdapat di SLB. Jika ditinjau dari kesiapan dan proses pembelajaran pada ABK pastinya ada perbedaan, karena harus disesuaikan dengan karakteristik dan jenis ABK tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VII SMPLB terkhususkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk jenis slow learner. Dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Pada penelitian yang dilakukan untuk ABK jenis Slow Learner di kelas VII SMPLB dapat diketahui jika terdapat perbedaan dalam pembuatan Rencana Proses Pembelajaran, karena harus disesuaikan dengan ABK, karakteristik serta kemampuan sang anak. Dalam proses pembelajaran ada tiga tahapan yaitu tahap awal, kegiatan inti serta penutup. Untuk evaluasi guru akan menyesuaikan jenis ABK serta kemampuanya untuk mengukur pengetahuan sang anak.