KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF
Main Author: | Hardiyanti, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34879/1/jiptummpp-gdl-sitihardiy-46178-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34879/2/jiptummpp-gdl-sitihardiy-46178-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34879/ |
Daftar Isi:
- Keyword : STAD, Metakognitif, kemampuan pemecahan masalah, kreativitas Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan pendekatan Metakognitif pada pembelajaran matematika, kreativitas peserta didik dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-E SMP Negeri 11 Malang sebanyak 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan pendekatan Metakognitif dapat terlaksana sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan dalam RPP dengan persentase keterlaksanaan sebesar 81,94% dan persentase aktivitas peserta didik secara keseluruhan adalah 73,50%, dimana aktivitas peserta didik dalam mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan termasuk kategori baik. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dalam tahap memahami masalah merencanakan penyelesaian, menjalankan rencana dan menguji jawaban menunjukkan hasil yang baik dengan persentase keseluruhan sebesar 72,62%. Kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan soal berdasarkan komponen fluency, flexibility, originality dan elaboration dapat dicapai dengan baik dengan persentase aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan soal adalah 76,96%.