IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN KAUMAN 1 MALANG
Main Author: | FARIZAL, IMRONUL NOFIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34874/1/jiptummpp-gdl-imronulnof-46621-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34874/2/jiptummpp-gdl-imronulnof-46621-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34874/ |
Daftar Isi:
- Keyword : implementasi, gerakan literasi sekolah, pendidikan karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya SDN Kauman 1 Malang mengembangkan sekolah yang literat sebagai wujud meningkatkan pendidikan karakter. Terbatasnya waktu, tempat dan tenaga pendidik menjadi pengaruh yang sangat penting dalam pelaksanaan literasi. Sehingga pendidikan karakter terkait gerakan literasi sekolah tidak dapat terimplementasi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 Malang, (2) sarana pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 Malang, (3) kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di SDN Kauman 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiam yang dilakukan adalah kualitatif. Sebagai data dan sumber data, dipilih Kepala Sekolah, Guru kelas, siswa kelas 1 dan 5. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2016 dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pembahasan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Kauman 1 Malang, yaitu (1) pelaksanan, (2) sarana dan (3) kendala dalam pelaksanan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (1) pelaksanaan, terdapat 5 bentuk implementasi, yaitu pembiasaan, pengembangan, pembelajaran, hukuman, dan penghargaan. (2) sarana pelaksanan program Gerakan Literasi Sekolah, ada 4 yaitu perpustakan, sudut baca kelas, area baca dan poster atau slogan-slogan. (3) kendalanya, yaitu kurangnya kerjasama dari guru satu dengan guru lainya dan perilaku peserta didik yang kurang mematuhi budaya literasi sekolah dengan baik.