PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PANCA INDRA SISWA KELAS IV SDN MOJOSARI MANTUP

Main Author: MAULUDIN, ICHWAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34873/1/jiptummpp-gdl-ichwanmaul-46622-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34873/2/jiptummpp-gdl-ichwanmaul-46622-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34873/
Daftar Isi:
  • Keyword : Metode Pembelajaran PenemuanTerbimbing, Prestasi Belajar IPA Berdasarkan beberapa pengamatan dijumpai adanya kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki aktivitas dalam pembelajaran yang rendah. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya mengoptimalkan aktivitas belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan suatu konsep. Dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing ini tidak hanya sekedar ketrampilan tangan karena pengalaman, kegiatan pembelajaran dengan model ini sepenuhnya diserahkan pada siswa, namun guru masih tetap ambil bagian sebagai pembimbing. Dengan metode pembelajaran terbimbing ini para siswa ini diajak/didorong untuk melakukan kegiatan eksperimental, sedemikian sehingga pada akhirnya siswa dapat menemukan sesuatu yang diharapkan. Salah satu pelaksanaan pembelajaran terbimbing adalah perlunya cukup waktu untuk memberi siswa kesempatan berpikir. Pembaharuan dalam proses pendidikan umumnya dititik beratkan pada metode mengajar, bukan mengajar itu penting tetapi karena mengajar itu bermaksud untuk memunculkan efek belajar pada diri siswa. Hasil penelitian yang diperoleh melalui siklus I dan II tergantung observasi prestasi belajar menunjukkan adanya kenaikan, setelah digunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 64 dan pada siklus II meningkat menjadi 80. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada pelajaran IPA pokok bahasan panca indra siswa kelas IV SDN Mojosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan.