PENGEMBANGAN MEDIA SMART PINBALL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Author: | ZUHRI, HADI SAPUTRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34871/1/jiptummpp-gdl-hadisaputr-46625-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34871/2/jiptummpp-gdl-hadisaputr-46625-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34871/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Pengembangan, Media Smart Pinball. Pada pembelajaran dengan tema makananku sehat dan bergizi Penggunaan media sangat membantu dalam proses pembelajaran, terutama membantu dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Pengembangan media sangat penting untuk menyempurnakan media yang sudah ada sebelumnya, khususnya media pembelajaran yang didesain pada mata pelajaran yang terdapat materi sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini fokus pada pembelajaran tematik dengan tema materi makananku sehat dan bergizi dengan melakukan pengembangan media Smart Pinball dengan tujuan untuk, (1) mengembangkan media Smart Pinball pada pembelajaran kelas 4 Sekolah Dasar pada pembelajaran tema 9 makanan sehat dan bergizi, (2) mengetahui ke-efektif-an media Smart Pinball pada pembelajaran kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan metode Research and Development (R&D), dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah dokumen perencanaan pembelajaran guru kelas IV dan hasil angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran kelas 4. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa-siswi kelas IV SD Muhammadiyah 5 Malang, Kabupaten Malang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dan kuisioner. Kegiatan analisis data yang digunakan ada 2 metode yaitu (1) analisis data kualitatif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan), (2) analisis data kuantitatif (validitas angket ahli dan respon siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Smart Pinball telah melalui tahapan uji validasi yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi ahli pembelajaran kelas 4. Berdasarkan validasi ahli media menghasilkan persentase 93% dengan kualitas sangat baik. Menurut ahli materi, media Smart Pinball sudah mencangkup materi makananku sehat dan bergizi yang dipelajari di kelas IV denga hasil persentase 83% dengan kualitas sangat baik. Menurut ahli pembelajaran bahwa media Smart Pinball sudah dapat menunjang proses pembelajaran dan membuat siswa semangat dan paham tentang materi makananku sehat dan bergizi dengan hasil persentase 95% dengan kualitas sangat baik. Terbukti dengan hasil uji coba pada kelompok kecil dengan hasil 96% dan uji coba pada kelompok besar dengan hasil 96% kualitas sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media Smart Pinball dalam pembelajaran kelas IV materi makananku sehat dan bergizi di SD Muhammadiyah 5 Malang dapat digunakan sebagai bagian dari pemanfaatan media untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.