PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP PERUBAHAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KERTOREJO 1 NGORO JOMBANG
Main Author: | ISTIGHFARI, DITHA NADIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34865/1/jiptummpp-gdl-dithanadia-46649-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34865/2/jiptummpp-gdl-dithanadia-46649-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34865/ |
Daftar Isi:
- Keyword : aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran Mnemonic Berdasarkan pra-reset yang dilakukan, sebagian besar siswa kelas V SDN Kertorejo 1 Ngoro Jombang mata pelajaran matematika materi bangun ruang masih menunjukkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang rendah. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa disebabkan metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mnemonic. Jenis penelitian ini adalah True Experimental. Subjek terteliti adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang dan dibagi menjadi 2 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 8 orang. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen dan kelompok kedua adalah kelompok kontrol. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes dan pengamatan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang nyata antara aktivitas dan hasil belajar matematika yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Mnemonic dan metode ceramah di kelas V SDN Kertorejo 1 Ngoro Jombang. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan rata-rata Post Test yang lebih besar pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Hasil Post Test kelompok eksperimen sudah mencapai KKM yaitu 74,63 sedangkan kelompok kontrol hanya 67,25. Melalui perhitungan rata-rata aktivitas belajar diperoleh data rata-rata aktivitas belajar kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 72,02:65,5. Melalui perhitungan uji-t diperoleh thit=1,262 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,692, sehingga thit>ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari perolehan data tersebut terdapat pengaruh yang nyata model pembelajaran Mnemonic terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kertorejo 1 Ngoro Jombang.