Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Kombinasi Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Snow Ball Throwing (SBT) Siswa Kelas V SDN 2 Lebak Bawean Kabupaten Gresik

Main Author: FITRIYAH, AINUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34859/1/jiptummpp-gdl-ainulfitri-46656-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34859/2/jiptummpp-gdl-ainulfitri-46656-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34859/
Daftar Isi:
  • Keyword : Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Snowball Throwing (SBT), Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan kombinasi model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Snowball Throwing (SBT) sebagai penunjang peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Lebak bawean. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif model kemmis an Mc Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaiti (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN 2 Lebak Bawean dengan jumlah 14 siswa, tahun ajaran 2015/2016. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Snowball Throwing (SBT) mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa terdiri dari pre test, kuis I, kuis II, pos tes rata-rata peningkatan hasil belajar pre test siswa didapat sebesar 31,50%, kuis I menunjukkan bahwa 5 siswa yang tuntas (35,70%) dan yang tidak tuntas 9 siswa (64,30%) , kuis II yang tuntas 12 siswa (85,70%) dan yang tidak tuntas 2 siswa (14,30%), dan post test sebesar 77,15%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Snowball Throwing (SBT) di SDN 2 Lebak Bawean telah terlaksana sesuai dengan RPP. Hasil belajar siswa terdiri dari pre test, kuis I, kuis II. Rata-rata pre test siswa didapat sebesar 31,50%, kuis I sebesar 65,30%, kuis II sebesar 76,50%, dan post test sebesar 77,15%.