PENGEMBANGAN MEDIA “KOBER” (Kotak Berhitung) PADA MATERI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD
Main Author: | PAMUNGKAS, AJENG DHIAS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34858/1/jiptummpp-gdl-ajengdhias-46657-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34858/2/jiptummpp-gdl-ajengdhias-46657-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34858/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, “KOBER” (Kotak Berhitung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada materi operasi perkalian dan tidak adanya media pembelajaran yang tersedia untuk materi perkalian di kelas II SDN 08 Grajagan Kab Banyuwangi, siswa masih menggunakan jari untuk menghitung soal-soal perkalian. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dibutuhkan media pembelajaran yang terbuat dari benda konkret, aman, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa agar pembelajaran lebih aktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa “KOBER” (Kotak Berhitung) pada materi operasi perkalian mata pelajaran matematika di kelas II sekolah dasar. Penelitian pengembangan yang digunakan yaitu mengacu pada model pengembangan menurut Borg dan Gall (Syaodih, 2013 169-170) yang sudah dimodifikasi, karena menurut Ardhana (2002, 09) prosedur pengembangan bukan merupakan langkah-langkah baku yang harus diikuti. Oleh karena itu peneliti memodifikasi menjadi 7 langkah yaitu analisis kebutuhan, perencanaan rancangan produk, desain produk awal, uji coba tahap I, revisi produk operasional, uji coba tahap II, dan produk akhir. Hasil penelitian dari uji validasi ahli media diperoleh 95%, ahli materi 92%, ahli pembelajaran 86%, dan dari uji coba tahap I 97 %, uji coba tahap II 98% yang menunjukan kriteria sangat valid atau sangat layak. Sedangkan hasil uji coba produk tahap I berjumlah 5 siswa memperoleh rata-rata 86 dan uji coba tahap II yang berjumlah 20 siswa memperoleh rata-rata 95,2. Tingkat efektikvitas pembelajaran menggunakan media “KOBER” dapat disimpulkan sangat baik, karena respon yang diberikan siswa menimbulkan timbal balik antara guru dengan siswa, dan hasil belajar yang diperoleh sudah memenuhi KKM.