Analisis Saluran Pemasaran Wortel (Daucus carota L.) (Studi Kasus di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang)

Main Author: Hidayat, Syaiful
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34853/1/jiptummpp-gdl-syaifulhid-46121-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34853/2/jiptummpp-gdl-syaifulhid-46121-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34853/
Daftar Isi:
  • Keyword : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, FarmerÂ’s Share, Struktur Pasar ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran wortel di desa Ngabab, kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Danuntuk mengetahui margin pemasaran, farmerÂ’s share, dan keuntungan. Penelitian ini di laksanakan di Desa Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, pada tanggal 26 Febuari s/d 28Maret 2016. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner serta wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi pada saat penelitian berlangsung. Penelitian ini populasi yang menjadi objek penelitian adalah petani wortel di Desa Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Pengambilan sampel pada petani dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan metode pengambilan sampel pedagang dengan metode snowball sampling.Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.Analisis kualitatif bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, struktur pasar dan perilaku pasar. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis margin pemasaran dan farmerÂ’s share. Penelitian yang telah dilakukan, terdapat 2(dua) saluran pemasaran. Dalam pemasaran ini petani lebih banyak menjual wortel pada saluran pemasaran I daripada saluran pemasaran II, karena proses penjualan wortel di anggap lebih mudah oleh petani. Saluran pemasaran I memiliki Marjin pemasaran Rp 10.708/kg, keuntungan pemasaran Rp 5.089/kg, dan farmerÂ’s share sebesar 29,40%. Pada Saluran pemasaran II margin pemasarannya sebesar Rp 2500/kg, dengan keuntungan sebesar Rp 2751/kg, dan farmerÂ’s share sebesar 64,29%. Dilihat dari efisiensi secara ekonomis dari 2(dua) saluran pemasaran wortel yang ada di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Saluran pemasaran II adalah saluran pemasaran yang paling efisien secara ekonomis karena nilai farmerÂ’s share-nya tertinggi dibandingkan dengan saluran pemasaran I, dimana nilainya >50% yaitu sebesar 64,29%. Hal ini disebabkan lembaga pemasaran yang berperan pada saluran pemasaran II lebih sedikit.