ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | HARIWIYANTI, NELLA EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34778/1/jiptummpp-gdl-nellaekaha-46427-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34778/2/jiptummpp-gdl-nellaekaha-46427-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34778/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Minat belajar, Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar, Penelitian kualitatif. Minat belajar adalah suatu pilihan dalam melakukan sebuah kegiatan dan dapat membangkitkan rasa ingin seseorang untuk melakukan kesediannya dalam belajar. Minat belajar ini sangat penting karena ini akan berpengaruh terhadap pemahaman materi yang diterima dan hasil belajar yang akan diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi rendahnya minat belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas X-IIS di MA Muhammadiyah 1 Malang terhadap pelajaran matematika dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Karakteristik penelitian kualitatif ini diantaranya adalah memepunyai sifat deskriptif yaitu kesimpulan ditarisk berdasarkan data berupa kata-kata dan gambar. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil lembar angket dan wawancara terhadap guru dan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh dari hasil angket sebanyak 2 siswa memiliki minat belajar matematika dengan kategori tinggi, sebanayak 11 siswa memiliki minat belajar dengah kategori sedang, dan sebanyak 8 siswa memiliki minat belajar dengan kategori rendah dengan perolehan persentase rata-rata 64,1% dengan kategori rendah, 74,125 dengan kategori sedang, dan 86,2% dengan kategori tinggi. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika kelas X-IIS MA Muhammadiyah 1 Malang ada dua dua hal yaitu, faktor internal dan faktor eksternal siswa. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Faktor tersebut yaitu, perhatian, perasaan senang, dan ketertarikan trehadap pelajaran matematika. Faktor eksternal adalah faktor yang buka berasal dari dalam diri siswa. Hal ini bisa berasal dari lingkungan siswa.