PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Biro Jasa Perjalanan Umrah PT Alkamil Global Malang)

Main Author: Pratama, Yunita Nanda Silvynian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34750/1/jiptummpp-gdl-yunitanand-46440-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34750/2/jiptummpp-gdl-yunitanand-46440-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34750/
Daftar Isi:
  • Keyword : Citra Merek dan Minat Beli Konsumen Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menjaring konsumennya adalah dengan memperkenalkan merek atau citra merek dari perusahaan tersebut. Menurut Fandi Tjiptono (1997) citra merek (brand image) yakni deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu, pada citra merek terbagi menjadi tiga variabel yaitu meliputi keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asisosiasi merek. Citra Merek ini juga dipercaya mempengaruhi minat beli konsumen. Sehingga pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek yang tediri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asisosiasi merek terhadap Minat Beli konsumen Biro jasa perjalanan umroh. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh perubahan variasi nilai dalam suatu variabel terhadap perubahan variasi nilai dalam satu atau lebih variabel lainnya. Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode regresi linier berganda dengan teknik sampling menggunakan metode Purposive Sampling. Data dari 100 kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan Biro Jasa Perjalanan Umrah PT Alkamil Global Malang menjadi sumber data primer. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, disimpulkan bahwa variabel citra merek yang meliputi keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asisosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Pada penelitian ini juga menyimpulkan bahwa variable citra merek yang terdiri dari keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asisosiasi merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, serta memiliki nilai pengaruh sebesar 46,1% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.