GRAMMATICAL ERRORS IN PARAPHRASING MADE BY STUDENTS OF WRITING IV CLASS OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH MALANG.
Main Author: | AMBARWATI, RIZKI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34626/1/jiptummpp-gdl-rizkiambar-43017-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34626/2/jiptummpp-gdl-rizkiambar-43017-2-chapteri.pdf http://eprints.umm.ac.id/34626/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Errors, Error Analysis, Paraphrasing, Surface Strategy Taxonomy, TeacherÂ’s Feedbacks towards Errors Sebuah error berarti penyimpangan yang Nampak sebagai hasil dari pengertian sistem yang salah dari seorang pembelajar bahasa. Melakukan error tidak bisa dihindari oleh siswa dalam kaitannya dengan proses belajar. Error memberikan informasi mengenai kekurangan siswa dalam mempelajari bahasa dan dosen atau guru dapat menggunakan informasi itu untuk kemajuan menulis siswa. Studi ini dilakukan karena peneliti ingin menyelidiki error dalam grammar dalam memparafrase yang dilakukan oleh siswa dari kelas Writing VI, jurusan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malng. Focus pada error dalam grammar dan cara dosen memberikan feedback pada error yang dibuat siswa. Studi ini menggunakan desain research kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen analisis dan interview. Obyek penelitiannya adalah hasil menulis yang dibuat oleh siswa kelas Writing VI, jurusan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Malang. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) ada empat jenis error dalam grammar dalam memparafrase yang dibuat oleh siswa kelas Writing VI jurusan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Malang, yaitu 238 omission errors, 118 addition errors, 127 misformation errors, 22 misordering errors, (2) dosen memberikan feedback dalam berbagai cara berdasarkan dengan fakta bahwa siswa melakukan error dalam gramaar dalam menulis. Cara feedback diberikan disesuaikan dengan jenis tugas, alokasi waktu, dan jumah siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa error yang dilakukan siswa lebih beragam. Error error tersebut juga dilakukan secara tidak konsisten. Melakukan error menunjukkan bahwa siswa tidak menerapkan sturtur bahasa Inggris ketika mereka menulis. Karena itulah, memberikan feedback dalam berbagai cara menjadi sangat penting untuk meminimalkan error.