EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS JLN. RAYA KARANGLO – JLN. PERUSAHAAN KOTA MALANG)

Main Author: ROHMAN, ARIEF
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34617/1/jiptummpp-gdl-ariefrohma-46336-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34617/2/jiptummpp-gdl-ariefrohma-46336-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34617/
Daftar Isi:
  • Keyword : Kinerja Simpang Bersinyal, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian Simpang Bersinyal Jl. Raya Karanglo – Jl. Perusahaan merupakan jalur utama tempat melintasnya kendaraan berat yang akan menuju ke utara selatan maupun barat. Simpang ini merupakan jalan menuju akses pusat kota. Jalan Raya Karanglo terdiri dari 4 lajur 2 jalur dan Jalan Perusahaan terdiri 2 lajur 2 jalur dengan arah persimpangan bersinyal. Evaluasi kinerja Simpang bersinyal akan dilakukan dengan mengacu Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Bina Marga. Data dihasilkan dengan pencatatan secara manual yang dilakukan pada 29 Agustus - 4 September 2016. Kinerja Simpang Jl. Raya Karanglo – Jl. Perusahaan Kota Malang menunjukkan bahwa nilai DS maksimal yang terjadi pada pendekat dari arah utara yaitu sebesar 1.00 > 0.85, sehingga tingkat kinerja simpang tersebut dari pendekat arah utara sangat buruk, dan tundaan rata-rata 44.62 det/smp > 40 - 60 det/smp maka indeks tingkat pelayanan (ITP) masuk dalam kategori E. Alternatif yang optimal untuk pemecahan masalah kemacetan lalu lintas pada simpang tersebut adalah alternatif 2 yaitu dengan merubah waktu siklus maksimal untuk 3 fase manjadi 100 detik dan penambahan lebar efektif (We) pada pendekat utara menjadi 4 m, maka kinerja simpang bersinyal tersebut diperoleh nilai derajat kejenuhan pada semua pendekat dari arah utara, selatan, dan barat turun menjadi (DS) 0.82, 0.84 dan 0.75 dengan panjang antrian (QL) 147 m, 173 m dan 70 m, tundaan simpang rata-rata sebesar (D1) 18.16 det/smp yang masuk dalam kategori indeks tingkat pelayanan (ITP) kategori C.