PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 MENUNGGAL KABUPATEN GRESIK
Main Author: | NIKMAH, AWWALINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34598/1/jiptummpp-gdl-awwalinani-46263-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34598/2/jiptummpp-gdl-awwalinani-46263-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34598/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Model Pembelajaran Picture and Picture, Keterampilan Menulis, Eksposisi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa kemampuan menulis eksposisi siswa masih rendah. Siswa kesulitan menuangkan ide gagasan secara tertulis dan sistematis. Siswa kesulitan menuliskan proses atau cara membuat sesuatu secara urut. Berdasarkan masalah tersebut perlu adanya solusi melalui penerapan model pembelajaran picture and picture yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran picture and picture pada keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV SDN 2 Menunggal (2) meningkatkan keterampilan menulis eksposisi menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN 2 Menunggal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Menunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Pembelajaran menulis eksposisi telah dilaksanakan sesuai dengan sintak model pembelajaran picture and picture dan berlangsung baik pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil evaluasi keterampilan menulis eksposisi mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil keterampilan menulis mencapai 58,8%, sedangkan pada siklus II mencapai 82,3%. Prosentase itu melebihi KKM yang ditetapkan yaitu 65. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi.