ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV-C SDN LOWOKWARU 3 MALANG

Main Author: SHOLAHIYYAH, HIDAYATUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/34595/1/jiptummpp-gdl-hidayatuss-46266-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34595/2/jiptummpp-gdl-hidayatuss-46266-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/34595/
Daftar Isi:
  • Keyword : Model Pembelajaran Concept Attainment, Pembelajaran IPA Penelitian berlandaskan pada pembelajaran IPA SD yang melibatkan peran siswa secara aktif dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan model pembelajaran Concept Attainment pada pembelajaran IPA, (2) kendala dan solusi dalam pelaksanaan model pembelajaran Concept Attainment pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggambarkan keadaan pembelajaran yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai sumber data, guru kelas dan siswa kelas IV-C SDN Lowokwaru 3 Malang yang berjumlah 31 siswa. Penelitian dilakukan pada tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 semester II tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan (1) Masih terdapat tahap di RPP yang tidak dilakukan guru, (2) Kendala pembelajaran Concept Attainment masih terdapat siswa yang kurang fokus saat pembelajaran berlangsung, pelaksanaan model pembelajaran Concept Attainment masih belum mendalam, (3) Solusi untuk menghadapi kendala yaitu guru harus memperhatikan siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran dengan meminta siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, saran untuk penelitian selanjutnya yaitu mencari guru yang bersedia menjadi objek penelitian sehingga benar-benar dipersiapkan sebelum pelaksanaan pembelajaran.