ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN MOJOREJO 01 BATU
Main Author: | ISNAINIAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/34594/1/jiptummpp-gdl-isnainiah-46267-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/34594/2/jiptummpp-gdl-isnainiah-46267-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/34594/ |
Daftar Isi:
- Keyword : Kemampuan menulis Permulaan Bahasa indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan yang penting dalam dunia pendidikan dan merupakan penunjang dalam semua bidang studi. Menulis merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa. menulis adalah sebuah proses pembelajaran dari berbagai macam kesulitan dan kegagalan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan peneliti dilapangan dalam proses pembelajaran menulis permulaan pada kelas 1 SD Mojorejo 01 Batu. Peneliti menemukan permasalahan tentang kemampuan menulis permulaan siswa pada saat proses pembelajaran masih banyak yang belum benar, sehingga peneliti tertarik mengangakat judul ini. Ada pun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan menulis permulaan ditinjau dari segi menulis suku kata siswa kelas ISDN Mojorejo 01 Batu, Bagaimana kemampuan menulis permulaan ditinjau dari segi menulis kalimat sederhana Siswa kelas 1 SDN Mojorejo 01 Batu,Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Mojorejo 01 Batu. ditinjau dari penulisan suku kata dan kalimat sederhana.Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Mojorejo 01 masih ada beberapa siswa yang belum bisa, Dilihat dari hasil tulisan siswa kelas 1 SD Mojorejo 01 Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Mojorejo 01 Batu, dengan jumlah siswa 28 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SD Mojorejo 01 Batu.Berdasarkan hasil penelitian kualitatif yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Mojorejo 01 Batu,ditinjau dari menulis suku kata dalam menulis suku kata siswa sudah cukup benar walaupun masih ada beberapa siswa yang belum benar.2) kemampuan menulis kalimat sederhana sudah benar.Walaupun masih ada beberapa siswa yang belum benar dalam menulis kalimat sederhana.